Gelaran piala dunia 2022 Qatar baru saja selesai dan Argentina keluar sebagai juara setelah melewati waktu normal dan babak tambahan yang sengit hingga pemenang harus ditentukan dengan cara menggosok Vocher eh adu Penalti.

Tapi dipostingan ini saya tidak ingin membahas sang juara, melainkan ingin membahas para kuda hitam. Ya, tim yang tampil mengejutkan di ajang terbesar gelaran sepakbola dunia.

Berikut ini beberapa negara yang berhasil membuat kejutan atau sering disebut kuda hitam, kadang juga dikenal sebagai Underdog. Catatan ini hanya berdasarkan pendapat pribadi, dan saya mulai dari Piala Dunia 1998 dimana saya pertama kali mengukuti Piala Dunia.

Untuk 2006 saya skip karena tidak ada yang mengejutkan, hanya Ukraina yang mampu menembus perempat final namun hancur dibantai Italia 3-0, jadi ya tidak terlalu membekas. Begitu juga di edisi 2014, meskipun ada antusias lebih dari tim-tim dunia kedua, namun hasilnya seperti yang sudah diperkirakan.

Piala Dunia 1998

Kroasia
1998 menjadi edisi pertama yang diikuti 32 negara, dua negara jadi sorotan yakni Yugoslavia dan Kroasia, ya karena faktor politik. Nah Kroasia sendiri debut di Piala Dunia setelah mereka memisahkan diri dari Yugoslavia pada 1991, keputusan itu mengurangi sekitar 30% kekuatan Yugoslavia, dimana beberapa pemain inti Yugoslavia seperti Davor Suker dan Zvonimir Boban jadi berpindah Timnas ke Kroasia.

Meskipun ini debut bagi Kroasia, tapi mereka memiliki banyak pemain yang berpengalaman di level internasional karena mayoritas pemainnya pernah membela Yugoslavia. Tapi tetap saja, pencapaian mereka hingga meraih perunggu patut diapresiasi dan mengejutkan dunia.

Piala Dunia 2002

Turki
Turki bukanlah kekuatan utama di dunia sepakbola, bahkan mereka masuk daftar tim dunia ketiga. Namun mereka berhasil mengejutkan dunia setelah berhasil meraih tempat ketiga di edisi 2002. Selain itu, striker legendaris mereka Hakan Sukur masih memegang rekor gol tercepat di Piala Dunia yakni 10,009 detik.

Namun pencapaian Turki kurang mendapat apresiasi dikarenakan gaya permainan mereka yang cenderung bertahan dan hanya mampu menang dari tim-tim medioker.

Senegal
Selain Turki, ada Senegal yang juga membuat kejutan. Debutan dari benua hitam itu berhasil mengalahkan Prancis di partai pembukaan. Namun langkah mereka harus terhenti di babak perempat final oleh tim kejutan lainnya, Turki lewat gol emas.

Dan kapten saat itu Aliou Cisse, sekarang jadi pelatih Senegal di Piala Dunia Qatar kemarin.

Korea Selatan
Kejutan terbesar Piala Dunia 2002 tentu saja Korea Selatan yang berhasil melaju hingga semifinal. Selain faktor tuan rumah, Tae Guk Warriors nyaris tak memiliki keunggulan apapun, dari 23 nama pemain yang terdaftar, hanya ada Seol Ki Hyon (Club Bruges) dan Ahn Jung Hwan (Perugia) yang bermain di luar Asia.

Dari seluruh tim yang saya bahas dalam daftar ini, Korsel menjadi satu-satunya tim yang konsisten memainkan sepakbola indah dan menyerang, mereka memenangkan statistik hampir di seluruh pertandingan.

Sayangnya kontroversi menyelimuti perjalanan Korsel di Piala Dunia 2002, meski begitu banyak pengamat mengakui bahwa Timnas Korsel 2002 berhasil membuka mata dunia ke sepakbola Asia yang sebelumnya dianggap inferior.

Piala Dunia 2010

Uruguay
Sebenarnya Uruguay bukanlah nama asing di dunia sepakbola, terbukti mereka memiliki dua gelar Piala Dunia. Namun, sejak menjuarai Copa America 1999 Uruguay seperti menghilang dari pentas elit sepakbola dunia. Hingga pada 2010 Uruguay kembali mengingatkan pada pecinta bola dunia bahwa mereka bukanlah tim medioker.

Piala Dunia 2018

Kroasia
Sama seperti Uruguay, Kroasia di tahun 2018 bukanlah negara baru dalam sepakbola, namun setelah 1998, praktis mereka hanya jadi penggembira saja. Jadi ya, Kroasia di 2018 layak masuk sebagai salah satu kejutan terbaik Piala Dunia 2018 karna juga menjadi RunnerUp.

Russia
Pasca Soviet runtuh, sepakbola Russia hampir tidak pernah punya taji di Piala Dunia. Kesempatan menjadi tuan rumah di 2018 benar-benar dimanfaatkan Russia untuk unjuk gigi, sebelum mereka dikandaskan tim kejutan lainnya, Kroasia.

Piala Dunia 2022

Maroko
Terbaru ada Maroko, tak perlu saya jelaskan apa alasannya karena kalian pasti sudah faham.
Yang jelas, apresiasi setinggi-tingginya untuk Singa Atlas.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: